Cara Mengecilkan Ukuran Kapasitas Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Assalamu'allaikum Wr. Wb.

Hai sobat, kali ini saya akan memposting artikel tutorial yaitu Cara Mengecilkan Ukuran Kapasitas Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya yang juga termasuk postingan pertama saya nihh. Biasanya software editing video yang berat seperti After Effect, Adobe Premier, Sony Vegas, Cinema 4D, Blender, dkk. setelah dirender hasil videonya akan berkapasitas besar, maka dari itu perlu software untuk mengecilkan kapasitasnya tapi tetap mempertahankan kualitasnya :). Mungkin diantara kalian yang habis/selesai merender sebuah video, pasti kaget jika melihat ukuran/kapasitas videonya sangat besar, apalagi jika mencapai 1 GB keatas. Seperti saya contohnya, setelah membuat intro/opening di Sony Vegas lalu dirender, kapasitasnya mencapai 1 GB, wah tentu saya keberatan dengan size segitu padahal hanya sebuah intro.




Dan khususnya juga untuk para youtubers, pasti mereka akan mengakali bagaimana cara mengecilkan ukuran video tersebut, jika mereka tidak mengecilkan kapasitas videonya, saat proses upload akan membutuhkan waktu yang lama bahkan menghabiskan banyak kuota. Tetapi, meskipun kapasitasnya dikecilkan, mereka juga harus tetap mempertahankan kualitas videonya agar penonton juga nyaman menontonnya :D



Nah maka dari itu, di postingan ini saya akan memberitau tips mengecilkan ukuran/kapasitas videomu. Yuk simak baik-baik tutorial berikut:

Windows Vista, 7, 8, 10 32bit: Download disini
Windows Vista, 7, 8, 10 64bit: Download disini
Mac OS X 10.6 sampai 10.12: Download disini
  1. Pertama-tama kamu download software yang bernama HandBrake. Software ini berfungsi untuk mengecilkan ukuran / kapasitas video TANPA mengurangi kualitas video tersebut. 
  2. Install HandBrake kemudian buka softwarenya.
  3. Klik menu Source kemudian pilih File dan cari videomu yang akan dikecilkan kapasitasnya,
  4. Kemudian pada bagian Destination, klik Browse dan cari tempat untuk meletakkan hasilnya nanti, jangan lupa untuk menamai dan mengganti formatnya menjadi .mp4 (ada di bawahnya nama),
  5. Lalu menuju ke menu Video, ubahlah constant quality menjadi 20 RF (jika sudah default biarkan saja), kemudian klik Start untuk memulainya. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  6. Selamat! Kapasitas videomu sudah berkurang dari sebelumnya :)

Ini contoh video saya yang saya ubah dari sebelumnya berukuran 1GB menjadi 1 MB..



Mudah bukan cara mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya? :)

  • NB: Tidak semua video yang setelah dikompres ukurannya berkurang drastis, ada juga yang berkurang namun tidak banyak, itu karena HandBrake tetap mempertahankan kualitas videonya :) 
  • Sumber : fian.nolima.id

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyelesaikan Rubik 3x3 (Fridrich Method)

Download FIFA 14 Full Unlocked Update Mod FIFA 17 APK +DATA OBB Season 2016 / 2017

Download GTA V Mod Apk Data (Support All GPU) For Android