Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca dan Minta Format for PC

Hai gaes! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberi kalian beberapa tutorial mengatasi problem pada hardisk eksternal.

Hardisk eksternal sangat dibutuhkan ketika ingin mem-backup sebuah file penting (sebagai tempat penyimpanan data cadangan), hardisk external juga dibutuhkan ketika ingin bertukar data seperti video, data laporan, dan lain-lain.



Tapi gimana jadinya kalau hardisk yang sudah terisi backup sekian banyak data malah terjadi problem seperti tidak terbaca atau malah minta di format sebelum dipakai. Dahh, jadi pengen banting tu hardisk jadinya.

Udah banyak data yang disimpan ke dalam Hardisk Eksternal dengan hasil kerja keras tiba-tiba rusak seketika, otomatis suasana hati jadi ga karuan lah.


Saat menghadapi Hardisk eksternal error yang minta format, kurang lebih bertuliskan "You need to format disk in drive F: before you can use it. Do you want to format it?" Sebaiknya kalian jangan panik karena bisa saja ada cara yang dapat memperbaiki dan mengembalikan nya seperti sebelumnya.


Bagaimana cara memperbaikinya? ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memperbaikinya, cara ini bisa digunakan untuk semua operasi sitem (OS) windows: windows 7, windows 8, windows 10, dan seterusnya.


Di artikel ini akan menjelasakan cara-caranya dari yang termudah dan tercepat hingga sampai yang agak lama.

Berikut ini cara yang termudah jika Hardisk eksternal tidak terbaca:


  • Cabut kabel Hardisk eksternal dari port (lubang) di CPU komputer/laptop/notebook maupun di Hardisk eksternal itu sendiri, harus sesuai dengan urutan, Hardisk eksternal terlebih dahulu baru CPU komputer/laptop/notebook.
  • Tunggu beberapa menit antara 1-2 menit. pasang kembali kabel Hardisk eksternal di port yang lain sesuai urutan yang sudah disebutkan di atas. Ingat yah harus di port yang lain, jika hanya ada satu port saja, tidak apa-apa juga namun sangat disarankan untuk dicolok/dimasukan ke port yang lain jika memiliki lebih dari satu port.


Jika cara di atas tidak bisa, ada cara yang kedua jika hardisk External tidak terbaca.

Berikut ini cara kedua jika tidak terbaca:


  1. Harus menggunakan cara di atas terlebih dahulu
  2. Jika kabel Hardisk eksternal sudah dicolok (tersambung), pergi ke device manager.


Untuk windows 8 ke atas bisa menggunakan pencarian agar lebih cepat. Untuk windows 7 bisa menggunakan cara ini

Memperbaiki Hardisk External: tidak terbaca

  • Tekan tombol windows di pojok sebelah kiri
  • Cari Computer, lalu klik kanan mouse
  • Pilih Manage

Lalu ...,

Memperbaiki Hardisk External: tidak terbaca

  1. Pilih Device Manager
  2. Lihat disebelah kanan, pilih Disk driver
  3. Carilah nama Hardisk External yang sudah dinamai
  4. Klik kanan, uninstall
  5. Lalu cabut kabel Hardisk External, urutannya terbalik dengan cara di atas, Port (lubang) CPU komputer/laptop/notebook terlebih dahulu lalu Hardisk External.
  6. Colok kembali, tunggu beberapa saat biasanya komputer akan scan (membaca) driver Hardisk External
  7. Jika tidak di scan, pergi ke Device Manager lagi lalu klik kanan nama Hardisk External
  8. Pilih update driver software atau scan for Hardware changes

Cara di atas biasanya tidak bisa digunakan untuk Hardisk External yang minta format. Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan cara di bawah ini, cara ini juga cukup mudah dan tidak melalui bios.


Catatan : Harus menggunakan cara yang pertama (di atas) terlebih dahulu, lalu jika masih tidak bisa gunakanlah cara di bawah ini, jangan lupa untuk sambungkan Hardisk External ke port laptop/CPU komputer/notebook.


Sebelum memulai perlu diingat terlebih dahulu di partisi mana Hardisk external tersebut. Misalkan Hardisk External saya berada di partisi H: berikut ini caranya.

Berikut ini cara memperbaiki Hardisk eksternal minta format:


  1. Buka Command Prompt (CMD) dengan cara tekan tombol (dibarengi) "logo windows" dan "R" di keyboard lalu ketik CMD. Bisa juga menggunakan fitur pencarian di windows untuk mencari command prompt, hanya dengan kata "CMD" nanti bisa didapatkan.

    Memperbaiki Hardisk External: minta format
  2. Setelah CMD terbuka, ketik perintah berikut ini
    Chdsk /f H:
    Keterangan
    • Chdsk
      Mengecek atau memverifikasi data
    • /F
      Melakukan pengecekan secara menyeluruh dan mencoba untuk memperbaiki kesalahan yang ditemukan.
    • H:
      Partisi Hardisk
    Memperbaiki Hardisk External: minta format

  1. Tunggu beberapa saat, kira-kira paling lama sekitar 20 menit, itu jika data yang ada di Hardisk banyak dan masing-masing memiliki kapasitas yang besar.


Setelah memperbaiki dan mengembalikan Hardisk External, usahakan rawat dengan baik. Ada beberapa tips cara merawat Hardisk agar aman ketika ingin menyambungkan ke CPU komputer/Laptop/Notebook, berikut ini tipsnya.

Tips agar Hardisk External tidak rusak kembali:


  • Usahakan ketika ingin memasang, pasanglah terlebih dahulu kabelnya ke Hardisk External baru ke komputer/Laptop/Notebook.
  • Usahakan ketika ingin mencabut Hardisk External jangan mencabut terlebih dahulu, Eject Hardisk External agar tidak corrupt data nya, dengan cara:
    • Pilih dan klik Ikon USB
    • Lalu pilih Eject [nama Hardisk yang sudah dinamai]
  • Jika saat Hardisk External terpasang namun tiba-tiba mati lampu usahakan dicabut, lalu pasang kembali dan lakukan cara memperbaiki Hardisk External minta format (di atas) agar komputer dapat membaca dan memverifikasi data Hardisk External.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Isi Flashdisk yang Hilang

Rawat dan jaga Hardisk eksternal dengan baik karena suatu saat akan menyesal jika tiba-tiba tidak bisa diperbaiki dengan beberapa cara yang sudah tertera di atas.


Jika ada cara yang lebih jitu atau lebih akurat dari ketiga cara di atas bisa berkomentar di artikel ini, dan jika ada saran untuk merawat Hardisk External dengan baik jangan ragu-ragu untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat :)

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyelesaikan Rubik 3x3 (Fridrich Method)

Download FIFA 14 Full Unlocked Update Mod FIFA 17 APK +DATA OBB Season 2016 / 2017

Download GTA V Mod Apk Data (Support All GPU) For Android